Traffic filtering menggunakan web proxy mikrotik

Web proxy merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh mikrotik. Keuntungan menggunakan web proxy mikrotik adalah sebagai berikut:

  1. Caching content
    Web proxy mikrotik dapat dimanfaat untuk keperluan caching content. Caching content merupakan mekanisme yang mampu dilakukan oleh prory untuk menyimpanan beberapa content web. Sehingga bila ada permintaan terhadap content itu lagi, maka cukup diambilkan dari cache yang sudah tersimpan di proxy tersebut. Dengan demikian penggunaan bandwidth dapat dihemat karena jika ada permintaan yang content yang sama, proxy cukup mengambil dari cache yang ada di lokal.
  2. Traffic Filtering
    Selain untuk caching content, web proxy mikrotik  dapat dimanfaatkan untuk traffic filtering. Misalnya kita dapat melakukan pembatasan akses ke situs tertentu dan juga ekstensi file tertentu serta melakukan pengalihan ke situs lain.

Dalam tutorial singkat ini, akan dijelaskan step by step untuk mengaktifkan fitur web proxy yang ada di mikroktik dan juga menerapkan traffic filtering: pemblokiran ke situs tertentu, mencegah client mendowload file dengan ekstensi tertentu, dan juga pengalihan ke situs lain.

:::: step by step konfigurasinya, coming soon gan… 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s