Menonaktifkan hotspot mikrotik pada jam-jam tertentu menggunakan script dan scheduler

Persoalan
Gan, ane kemarin buat  hotspot di mikrotik. Hotspot ane buat untuk keperluan authentikasi user yang mau pake jaringan punya ane, gan. Jadi, client yang mau pake jaringan yang ane bangun, harus punya username dan password.

Nah sekarang ane mau nambah aturan penggunaan hotspotnya gan. Tapi ane belum tahu cara buatnya. Aturan yang mau ane terapin itu menonaktifkan sementara hotspot mikrotik saat waktu sholat telah tiba. Jadi, kalo sudah masuk waktu sholat, client ga bisa gunakan hotspot alias ga bisa gunain jaringan. Hotspotnya dinonaktifkan selama 45 menit aja, gan. Setelah 45 menit, jaringannya diaktifkan kembali. Gimana solusinya, gan?

Solusi
Persoalan di atas bisa kita selesaikan dengan memanfaatkan fitur script dan scheduler yang ada di mikrotik. Dengan memanfaatkan kedua fitur itu, kita bisa menerapkan aturan seperti yang disebut pada persoalan di atas yakni hotspot dinonaktifkan sementara selama 45 menit ketika waktu sholat telah tiba. Setelah 45 menit, hotspot bisa digunakan kembali oleh client.

Langkah-langkah konfigurasinya sebagai berikut:
Pertama, kita atur dulu clock mikrotiknya.

1

Isi time dan date-nya sesuai dengan tanggal dan jam sekarang.

Kedua, kita buat dua script di mikrotik. Script yang pertama digunakan untuk menonaktifkan interface yang digunakan oleh hotspot. Sedangkan script yang kedua digunakan untuk mengaktifkan kembali interface tersebut. Oh ya, kenapa yang dinonaktifkan justru interface yang digunakan oleh hotspot? Kenapa tidak hotspotnya saja yang dinonaktifkan? Baca lagi persoalan di atas dan cari sendiri jawabannya….. hehehe…

Konfigurasi interface dan hotspot mikrotik yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

2

Terlihat pada gambar di atas, hotspot1 menggunakan interface ether2. Interface ether2 inilah yang nantinya kita nonaktifkan ketika waktu sholat tiba.

Selanjutnya kita buat script-nya.

3

Kemudian kita buat script yang pertama untuk menonaktifkan interface ether2 dengan mengklik icon “+”.

4

Selanjutnya kita buat script yang kedua untuk mengaktifkan interface ether2.

5

Hasil akhir dari pembuatan kedua script di atas adalah sebagai berikut:

6

Ketiga, kita buat jadwal untuk mengeksekusi kedua script di atas dengan memanfaatkan fitur scheduler yang ada di Mikrotik.

7

Sesuai dengan persoalan di atas yakni jaringan akan dinonaktifkan selama 45 menit ketika waktu sholat telah tiba. Dalam contoh ini waktu sholat dzuhur yang digunakan. Saya asumsikan sholat dzuhur dimulai pada pukul 11.30.

Kita buat jadwal untuk menonaktifkan interface ether2. Konfigurasinya adalah sebagai berikut:

8

Maksud dari konfigurasi di atas adalah schedule dengan nama “nonaktifkan_waktu_dzuhur” akan dijalankan setiap hari (Lihat bagian Interval: 1d = 1 hari) pada pukul 11:30:00 (Lihat bagian Start Time). Apa yang dieksekusi oleh jadwal tersebut? Yakni script dengan nama “disable_ether2” (Lihat bagian On Event).

Selanjutnya kita buat jadwal untuk mengaktifkan kembali interface ether2. Interface ether2 akan aktif kembali apabila waktu nonaktif yang sudah ditentukan yakni 45 menit habis.

9

Hasil akhir dari konfigurasi di atas adalah sebagai berikut:

10

 

Mudah, kan?

./semoga_bermanfaat

 

Baca ini gan:

2 thoughts on “Menonaktifkan hotspot mikrotik pada jam-jam tertentu menggunakan script dan scheduler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s