Network Address Translation

Network Address Translation atau kita lebih mengenalnya dengan NAT adalah suatu metode untuk menghubungkan satu atau lebih komputer yang menggunakan IP private ke jaringan publik dengan menggunakan satu alamat IP. Jadi dapat disimpulkan bahwa NAT berfungsi untuk menjembatani jaringan private dengan jaringan publik (internet). Fungsi lainnya ialah menerjemahkan alamat private dalam suatu jaringan local sehingga dapat dikenali sebagai IP Publik.

Mengapa menggunakan NAT?

Protokol IP yang saat ini banyak digunakan ialah IP versi 4 (IPv4). IPv4 memiliki panjang 4 bytes (32 bit). Dengan demikian IPv4 mampu menyediakan alamat IP sebanyak 4.294.967.296 buah. Jumlah tersebut secara teoritis ialah jumlah komputer yang dapat terkoneksi secara langsung ke internet. Karena ketebatasan tersebut, ISP (Internet Service Provider) hanya mengalokasi satu alamat untuk satu user.

Permasalahannya ialah bagaimana jika user tersebut memiliki jaringan private dengan jumlah komputer sebanyak 10 buah misalnya. Nah, secara otomatis jaringan private tersebut membutuhkan 10 alamat IP publik. Namun, kita tahu bahwa ISP hanya memberi satu alamat IP publik. Di sinilah NAT memainkan perannya.

Meskipun ISP hanya memberi satu alamat IP publik, kesepuluh komputer pada jaringan private tersebut dapat terkoneksi ke jaringan publik (internet) dengan menggunakan metode NAT.

Alasan lain menggunakan NAT ialah untuk keamanan. Ketika suatu komputer terhubunh ke jaringan global, komputer tersebut tidak hanya bisa mengakses ke suatu server atau situs tertentu tetapi komputer tersebut sangat mungkin bisa diakses oleh komputer lain yang juga terkoneksi ke jaringan internet. Tentu hal tersebut sangat berbahaya. Nah dengan menggunakan NAT, komputer tersebut dapat dilindungi dari bahaya semacam itu. NAT secara otamatis akan memberikan proteksi layaknya firewall yang hanya mengijinkan koneksi yang berasal dari dalam jaringan local sendiri. Dengan demikian keamanan komputer tersebut akan meningkat karena koneksi dari luar jaringan ke dalam jaringan menjadi sangant relatif kecil.

Bagaimana NAT bekerja?

Karena komputer klien tidak memiliki IP publik, maka NAT melakukan hal berikut ini:

  • NAT menerima paket data dari komputer klien yang ditujukan ke suatu server di jaringan internet.
  • NAT menyimpan alamat IP dari komputer klien tersebut ke dalam address translation table
  • NAT kemudian merubah alamat IP yang ada pada paket data menjadi alamat IP NAT. Setelah dirubah, NAT meneruskan paket data ke server yang dituju.
  • Ketika respon dari server yang dituju diterima oleh NAT, NAT akan merubah alamat tujuan dari paket data tersebut menjadi alamat IP komputer klien yang bersangkutan. Setelah dirubah, NAT mengirimkan paket data ke komputer klien.
  • Pada akhirnya, komputer klien menerimana paket data yang merupakan respon dari server yang dituju.

Referensi:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s