Struktur Program C

Bahasa pemrograman tak ubahnya seperti bahasa-bahasa yang sering kita pakai dalam keseharian kita baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Tentu kita tahu bahwa setiap bahasa itu memiliki struktur-struktur (baca: tata bahasa) yang harus dipelajari apabila kita ingin menggunakan bahasa tersebut. Hal tersebut juga berlaku pada bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman memiliki struktur program yang berbeda-beda.

Sebagai pemula tentu sangat disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu struktur dari program. Dengan begitu, kita akan mendapatkan gambaran secara luas bagaimana bentuk umum dari suatu program, bagaimana seharusnya program tersebut ditulis dan tentunya lebih memudahkan kita dalam penulisan suatu program nantinya.

Bahasa C memiliki ciri khas yakni adanya kumpulan dari satu atau lebih fungsi-fungsi. Fungsi yang harus ada dalam setiap program C ialah fungsi yang bernama main(). Fungsi tersebut merupakan fungsi inti dari program C dan merupakan titik awal dan akhir eksekusi program. Itu berarti bahwa suatu program C memerlukan fungsi main() untuk memberitahu kompiler di mana eksekusi program akan dimulai.

Suatu fungsi di program C dibuka dengan tanda kurung kurawal { dan ditutup dengan kurung kurawal }. Di antara kurung kurawal dapat dituliskan perintah-perintah yang nantinya akan dijalankan oleh bagian fungsi tersebut. Berikut ini struktur dari program C:

Struktur Program C

Struktur Program C

Cukup sampai di sini tutorial Struktur Program C, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s