Sejarah Singkat Bahasa C

Sebelum mempelajari bahasa C lebih lanjut, alangkah lebih baik mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah sejarah singkat Bahasa C:

Bahasa C erat kaitannya dengan seseorang yang bernama Dennis Ritchie. Dialah orang yang berada di balik dan sekaligus merancang Bahasa C sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories). Perlu kita ketahui, bahwa akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL (Basic Combined Programming Language) yang dikembangkan oleh Martin Richard yang kemudian dikembangkan lagi oleh Ken Thompson menjadi bahasa pemrograman yang disebut dengan bahasa B. Bahasa C untuk pertama kalinya digunakan pada komputer Digital Equipment Corporation PDP 11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.

Pada tahun 1983, ANSI (American National Standars Institute) membentuk suatu komite untuk menetapkan standar ANSI untuk Bahasa C. Standar ANSI tersebut didasarkan pada standar UNIX (catatan: standar dari UNIX adalah standar bahasa C yang asli). Standar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah keyword. Ke 32 keyword tersebut adalah auto, break, case, char, const, continue, default, do, double, else, enum, extern, float, for, goto, if, int, long, register, return, short, signed, sizeof, static, struct, switch, typedef, union, unsigned, void, volatile, dan while.

Referensi:

  • Buku “Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C” ditulis oleh Prof. Dr. Jogiyanto HM, MBA, Akt.

One thought on “Sejarah Singkat Bahasa C

  1. […] postingan Sejarah Singkat Bahasa C, sudah saya sedikit singgung mengenai kata-kata kunci (keyword) berjumlah 32 buah yang ada pada […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s