Mempelajari bahasa pemrograman #2

Swing…… wing….. wing ….😀

Ngelanjutin tulisan yang kemarin Mempelajari bahasa pemrograman

Di postingan Mempelajari bahasa pemrograman sudah saya tulis, mempelajari sebuah bahasa pemrograman itu seperti mempelajari suatu bahasa. Masing-masing bahasa memilik aturan-aturan atau yang biasa disebut grammar yang berisi pedoman-pedoman bagaimana bahasa tersebut dipakai. Hal yang sama juga berlaku pada bahasa pemrograman, masing-masing bahasa pemrograman memiliki aturan-aturan yang berbeda dalam penulisan kodenya. Aturan pada bahasa pemrogram C tentu berbeda dengan aturan yang ada pada bahasa pemrogaraman Java.

Terus gimana caranya agar kita tahu aturan-aturan yang ada pada bahasa pemrograman yang akan saya pelajari? Jawabannya simple, kita cari buku yang terkait dengannya. Kebetulan saya seorang mahasiswa teknik informatika Universitas Muhammadiyah Malang, di semester pertama ada mata kuliah pemrograman terstruktur dengan bahasa C. Di awal pertemuan kuliah, dosen kami memberi saran untuk membaca buku berjudul “sensor” karyanya si fulan sebagai pedoman mempelajari bahasa C. Ringkasnya, dengan memiliki buku, tentu menjadi mudah bagi kita dalam memahami aturan-aturan yang ada dalam suatu bahasa pemrograman. Ini tips yang pertama, memilik buku pedoman.

Tips yang kedua. Setelah memiliki buku pedoman langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah membacanya. Iqra!!!. Pahami setiap penjelasan yang disampaikan oleh penulis dalam buku itu dan biasanya disetiap subbab selalu disertakan contoh kode-kode program. Saran saya, tulis saja contoh kode-kode program yang ada di buku tersebut kemudian jalankan kode program tersebut. Saya sendiri sampai saat ini masih menggunakan tips yang kedua ini.

Tips yang ketiga. Setelah kita menulis contoh kode program yang ada dalam buku kemudian menjalankannya, langkah selanjutnya ialah modifikasi contoh kode program tersebut. Jangan takut kalau kita mendapat respon syntaxt error, justru bersyukurlah dengan adanya syntaxt error tersebut. Dengan hal tersebut, biasanya kita akan terpacu untuk mengusir syntaxt error.

Sudah ngantuk nih pemirsa, cukup di sini tips belajar bahasa pemrograman dan mudah-mudahan bisa dilanjutin esok hari. Amin….

————————————————————————-

# ditulis di mabes UKM Jama’ah A.R. Fachruddin

# 5 Juni 2013, pukul 11.20 PM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s