Pengantar ke Algoritma

Komputer merupakan alat bantu untuk menyelesaikan masalah. Namun, masalah yang ingin diselesaikan tidak dapat langsung disodorkan begitu saja  ke komputer. Agar komputer dapat menyelesaikan masalah tersebut, maka kita perlu merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah itu dalam rangkaian suatu instruksi. Komputerlah yang akan menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan rangkaian instruksi yang telah kita buat.

Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Dengan program itulah komputer mengerjakan instruksi-instruksi yang ada di dalam program tersebut, lalu memberikan result yang kita inginkan. Yang menjadi catatan adalah agar program tersebut dapat berjalan di komputer tentu program tersebut harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer. Bahasa yang digunakan untuk menulis program di komputer disebut bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman yang orientasi bahasanya lebih dekat ke bahasa mesin disebut bahasa tingkat rendah atau low level language. Sedangkan yang orientasi bahasanya lebih dekat ke bahasa manusia disebut bahasa tingkat tinggi atau high level language.

Saat ini -dengam berkembangnya teknik pemrograman terstuktur- orang tidak lagi memecahkan masalah langsung dengan menulis programnya ke dalam bahasa pemrograman melainkan dengan menekankan pada desain atau rancangan yang mewakili pemecahan masalah tersebut. Desain ini independen yakni diluar dari bahasa pemrograman yang digunakan dan program yang dijalankan oleh komputer. Desain tersebut hanya berisi cara berfikir si pemrogram dalam menyelesaikan masalah tersebut juga urutan langkah-langkah penyelesaiannya yang ditulis dalam notasi-notasi deskriptif. Urutan langkah-langkah yang sistematis untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut algoritma sedangkan notasi yang digunakan untuk menulis algoritma disebut notasi algoritma. Notasi algoritma bukanlah notasi bahasa pemrograman, dengan sebab itu program yang ada dalam notasi algoritma tidak dapat dijalankan oleh komputer. Agar dapat dijalankan oleh komputer, program dalam notasi algoritma harus ditranslasikan ke dalam notasi bahasa pemrograman yang dipilih.

*Catatan dari buku “Algoritma & Pemrograman Edisi Kedua” oleh Rinaldi Munir, Bab Pengantar Ke Algoritma.

Baca Juga: Algoritma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s