Algoritma

Contoh Algortima

Dalam aktifitas yang sehari-hari kita lakukan, kita tentunya menerapkan algoritma. Misalnya, ketika kita ingin meminum secangkir kopi maka tanpa sadar otak kita menyusun bagaimana langkah-langkah untuk menyelesaikan keinginan meminum kopi tadi, yang mungkin antara lain adalah sebagai berikut: kita akan mulai memasak air hingga mendidih kemudian menyiapkan gelas, sendok, gula dan tentunya kopi. Selanjutnya adalah kita mencampur gula dan kopi lalu menuangkan air panas ke dalam gelas dan kemudian kita aduk dengan sendok dan setelah itu kita meminumnya. Itulah algoritma. Lantas apa itu algoritma? Algoritma adalah kumpulan urutan perintah yang menentukan operasi-operasi yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah atau mengerjakan suatu tugas.

Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 “Algorithmi de numero Indorum”. Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari India, seperti tertulis pada judul di atas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Masalah timbul pada saat akan menuangkan bagaimana proses yang harus dilalui dalam suatu/sebuah sistem (program) bagi komputer sehingga pada saat eksekusinya, komputer dapat bekerja seperti yang diharapkan. Programer komputer akan lebih nyaman menuangkan prosedur komputasinya atau urutan langkah proses dengan terlebih dahulu membuat gambaran (diagram alur) diatas kertas.

Donal E. Knuth, penulis beberapa buku algoritma abad XX, menyebutkan bahwa ada beberapa ciri algoritma, yaitu

  1. Algoritma mempunyai awal dan akhir. Suatu algoritma harus berhenti setelah mengerjakan serangkaian tugas. Dengan kata lain, suatu algoritma memiliki langkah terbatas.
  2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda, tidak membingungkan.
  3. Memiliki masukan (input) atau kondisi awal.
  4. Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir.
  5. Algoritma harus efektif, bila diikuti dengan benar maka akan menyelesaikan masalah.

Berdasarkan paparan Donal E. Knuth mengenai ciri algoritma diatas, dapat disimpulkan bahwa algoritma memiliki sifat utama, yakni:

  1. Input: Suatu algoritma memiliki input atau kondisi awal sebelum dilaksanakan, bisa berupa nilai-nilai peubah yang diambil dari himpunan khusus.
  2. Output: Suatu algoritma akan menghasilkan output setelah dilaksanakan, atau algoritma akan mengubah kondisi awal menjadi kondisi akhir, di mana nilai output diperoleh dari nilai input yang telah diproses melalui algoritma.
  3. Definiteness: Langkah-langkah yang dituliskan dalam algoritma terdefinisi dengan jelas sehingga mudah dilaksanakan oleh pengguna algoritma.
  4. Finiteness: Suatu algoritma harus memberi kondisi akhir atau output setelah sejumlah langkah yang terbatas jumlahnya dilakukan terhadap setiap kondisi awal atau input diberikan.
  5. Effectiveness: Setiap langkah dalam algoritma bisa dilaksanakan dalam suatu selang waktu tertentu sehingga pada akhirnya didapat solusi sesuai yang diharakan.
  6. Generality: Langkah-langkah algoritma berlaku untuk setiap himpunan input yang sesuai dengan persoalan yang diberikan, tidak hanya untuk himpunan tertentu.

Itulah penjelasan singkat mengenai algortima. Semoga bermanfaat…

Referensi:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma
  2. Algoritma dan Pemrograman oleh Dr. Suarga, M.Sc., M. Math., Ph.D
  3. Image derived from http://aldimaulana58.files.wordpress.com/2011/11/121.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s