Internet dan Sejarah Perkembangannya

2 people already connected

“Tak kenal maka tak sayang”, begitulah kata pepatah. Sebagai pengguna internet, tentu kita perlu tahu  sejarah internet. Berikut ini sedikit ulasan mengenai internet:

Pengertian Internet

Menurut wikipedia, internet didefinisikan sebagai sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Internet connects everyone

Secara umun internet dapat diartikan sebagai jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain

Sejarah Perkembangan Internet

Cikal bakal munculnya internet dimulai pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika  melalui proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Netwrok). Pada saat itu, mereka membangun jaringan komputer untuk keperluan militer yakni untuk menghubungkan komputer-komputer di daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang apabila terjadi peperangan akan mudah dihancurkan.

Logo of ARPANET

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tahun 1980, proyek ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu ‘”MILNET”  untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Internet mulai digunakan untuk keperluan akademis dengan menghubungkan beberapa universitas, yakni: University of California Los Angeles, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Kemudian disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC). Berikutnya yakni pada tahun 1982, protokol standar TCP/IP diperkenalkan, kemudian disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada tahun 1984.

Logo of NSFNET

Tahun 1986 lahir NSFNET  (National Science Foundation Network), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang menghubungkan jaringan akademis lainnya dan juga konsorsium-konsorsium riset. Pada tahun 1990 bulan maret, secara resmi proyek ARPANET dibubarkan.

Logo of InterNIC

Tahun 1993 lahir InterNIC yang difungsikan untuk melayani pendaftaran domain. Bersamaan dengan itu, Gedung Putih (White House) mulai online di Internet dan pemerintah Amerika Serikat meloloskan National Information Infrastructure Act. Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994.

Referensi:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
  2. http://hasheem.wordpress.com/bahan-ajar/definisi-internet/
  3. http://www.infoceria.com/2010/12/pengertian-internet-atau-definisi.html
  4. All images derived from google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s